PROMO TERBARU DOBEL BONUS !!!!!!

Pintar Cara Memilih Abon Ikan untuk keluarga

Memilih Abon Ikan

Apa yang membuat Abon Ikan sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat ? Ada banyak jawaban untuk pertanyaan ini, misalnya: abon rasanya enak, praktis, tahan lama, bergizi, sampai bumbunya yang sangat meng-Indonesia dengan bawang goreng dan lain sebagainya. Semuanya tentu saja benar dan itulah sebabnya dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai makanan praktis ini. Akan tetapi apakah semua abon ikan mempunyai kualitas yang sama apalagi harga daging ikan tidak bisa dikatakan murah. Tentu saja kualitasnya beragam dan hal ini erat kaitannya dengan komposisi daging pada ikan yang terdapat di dalamnya. Jika anda ingin mengetahui cara memilih abon ikan yang kualitasnya baik, berikut beberapa tips memilih abon ikan yang berkwalitas:

  • Perhatikan tekstur serat-serat pada Abon Ikan apabila anda dengan mudah melihat serat pada abon ikan pada kemasan, tekstur abon ikan adalah lembut beda dengan abon sapi apabila anda melihat abon ikan yang tekturnya kasar biasanya menggunakan bahan campuran seperti bawang goreng dll sebagian besar bahan campuran lain di dalamnya yang menyebabkan abon tidak mempunyai cita rasa khas daging ikan.
  • Lihat komposisi dan kandungan bahan yang terdapat pada kemasan abon ikan.
  • Perhatikan warna abon ikannya. Dengan hanya melihat sekilas saja, akan dapat diketahui apakah abon ikan tersebut diproses dengan cara yang benar atau tidak. Warna dari Abon ikan berkualitas baik adalah coklat keemasan mengkilat dan tidak kusam.
  • Cermati apakah ada banyak terlihat cairan atau minyak di dinding atau di dasar kemasan. Jika ya, maka artinya proses pengeringannya tidak menyeluruh. Hal ini dapat mengakibatkan abon lekas basi atau tengik dan selain itu akan mengakibatkan timbangan abon menjadi lebih berat dengan adanya kelembaban tersebut.
  • Jangan pernah membeli abon ikan yang berbentuk curah seperti di pasaran biasanya tidak ada kode produksi, tanggal experied dan Produsen abon ikannya.
  • Produk abon ikan yang curah biasanya biasanya bertahan lama dalam suhu ruangan, patut diwaspadai penggunaan pengawet.
  • Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah. 
  • Belilah abon ikan yang telah terdaftar di Dinas Kesehatan dan mempunyai sertifikat HALAL dari MUI biasanya No Regristrasinya tercantum pada kemasannya.

Kesimpulan

Dari beberapa ciri di atas, dapatlah disimpulkan bahwa serat, warna dan tingkat kekeringan abon merupakan kunci dalam memilih abon ikan yang berkualitas. Selain itu, para penjual Abon ikan yang baik tentu akan mencantumkan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa pada kemasannya agar konsumen tidak mengonsumsi makanan yang sudah lewat masa kelayakannya. Jika anda sedang mencari Abon Ikan dengan kualitas yang baik, carilah pihak yang menjual Abon Ikan yang terpercaya yang anda yakini kehalalannya agar anda tenang mengonsumsinya.

Referensi untuk Produk Abon Ikan yang banyak di produksi UKM di Indonesia yaitu : Abon Ikan Tuna, Abon Ikan Lele, Abon Ikan Patin, Abon Ikan Bawal, Abon Ikan Gabus, Abon Ikan Cakalang dan masih banyak lagi.

Baca Juga artikel menarik lainnya :